HARI YANG INDAH

Semangat dan konsitensi segera akan menjadi miliku

18 Oktober, 2011

CARA MENANGGULANGI SPAM

Spam atau yang juga disebut sebagai “email sampah” merupakan email yang dideteksi oleh Yahoo sebagai email yang “tidak penting” yang masuk ke dalam email kita. Dikatakan sebagai email yang tidak penting, karena spam biasanya berisi email seperti iklan, promosi, atau bahkan virus kiriman dari orang-orang yang iseng. Untuk mendeteksi spam, Anda harus mengaktifkan apa yang disebut sebagai Spam Guard. Untuk melakukan proteksi spam, Anda bisa melakukan setting pada bagian Options..

Setelah Anda lgin ke email Anda, masuklah ke halaman “Mail Options” yang berisikan pengaturan setting hal-hal yang berkaitan dengan manajemen email.Beberapa hal yang bisa diatur pada halaman tersebut antara lain adalah memproteksi spam, mem-blok alamat email tertentu, menyaring email, setting signature, mengisi auto response dan sebagainya.
Untuk mengatur dan mengaktifkan Spam Guard, klik link “Spam Protection” pada halaman Mail Options tersebut. Setelah itu akan muncul halaman pengaturan spam yang berisi 3 steps of Spam Protection. Terdapat tiga langkah pengaturan spam.

Langkah pertama adalah pengaturan Spam Filter. Pada langkah ini, anda bisa melakukan :

Mengaktifkan Spam Guard. Tulisan “Spam Guard is ON” berarti bahwa spamguard sudah aktif pada email Anda. Jika Anda tidak ingin mengaktifkan spam guard, maka Anda bisa mengeklik “Turn SpamGuard OFF”.

Pilih “Immediatele Delete” jika Anda ingin agar setiap email yang dianggap sebagai spam akan dengan segera dihapus oleh Yahoo! spam guard.

Pilih “Save the message in the Bulk” jika Anda ingin agar setiap email yang dianggap sebagai spam akan disimpan di dalam kotak Bulk email tersebut.

Anda juga bisa menentukan lama penyimpanan email spam di dalam kotak Bulk. Jika di dalam kotak pemilihan masa waktu penyimpanan spam di dalam Bulk dipilih “2 Weeks”, maka semua email yang ada di Bulk selama lebih dari 2 minggu akan dihapus.

Untuk melanjutkan pengaturan, Anda bisa menekan tombol “Continue” dan akan muncul konfirmasi pengaturan seperti di bawah ini.

Tekan tombol “Yes, Continue” untuk melanjutkan proses dan akan muncul step 2 pengaturan seperti gambar di atas.

Langkah ke dua merupakan pengaturan apa yang harus dilakukan email setelah pemberian tanda bahwa sebuah email spam atau bukan spam.

Pilih opsi “Add the sender’s email address to my blocked addresses” jika Anda ingin bahwa email yang ditandai sebagai spam, alamatnya akan masuk ke dalam daftar alamat yang akan di blok oleh email.

Pilih opsi “Move the message into Inbox” jika Anda ingin spam dimasukkan di dalam kotak masuk (inbox) email. Selanjutnya tekan “Continue” untuk melanjutkan pengaturan setting email.

Langkah ketiga adalah adalah pengaturan blok terhadap image atau gambar. Opsi yang bisa dipilih dalam pengaturan pemblokiran tersebut adalah sebagai berikut.

Pilih “Don’t Block Any Images” jika Anda tidak ingin mengeblok terhadap semua image yang masuk ke email Anda.

Pilih “Block images in message that Spamguard…” jika Anda ingin agar email tidak menerima gambar kiriman email lain yang dianggap sebagai spam oleh spamguard.

Pilih “Block Any Images” jika Anda ingin melakukan blok terhadap setia gambar yang masuk ke email.

Jika Anda telah selesai melakukan pengaturan spam, klik tombol “Setup Up Spam Protection” untuk memproses pengaturan tersebut, atau klik “Cancel” untuk membatalkan pengaturan.
Penekanan link “Setup Up Spam Protection” tersebut akan membuat Yahoo memproses apa yang sudah Anda atur sebelumnya. Setelah proses selesai akan muncul kotak konfirmasi “Setup Complete”

SPAM

Spam
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Spam atau bisa juga berbentuk junk mail adalah penyalahgunaan sistem pesan elektronik (termasuk media penyiaran dan sistem pengiriman digital) untuk mengirim berita iklan dan keperluan lainnya secara massal. Umumnya, spam menampilkan berita secara bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh penerimanya. Pada akhirnya, spam dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi para pengguna situs web. Orang yang menciptakan spam elektronik disebut spammers.

Bentuk spam yang dikenal secara umum meliputi : spam surat elektronik, spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam wiki, spam iklan baris daring, spam jejaring sosial.

Beberapa contoh lain dari spam, yaitu pos-el berisi iklan, surat masa singkat (SMS) pada telepon genggam, berita dalam suatu forum kelompok warta berisi promosi barang yang tidak terkait dengan kegiatan kelompok warta tersebut, spamdexing yang menguasai suatu mesin pencari (search engine) untuk mencari popularitas bagi suatu URL tertentu, berita yang tak berguna dan masuk dalam blog, buku tamu situs web, spam transmisi faks, iklan televisi dan spam jaringan berbagi.

Spam dikirimkan oleh pengiklan dengan biaya operasional yang sangat rendah, karena spam tidak memerlukan senarai (mailing list) untuk mencapai para pelanggan-pelanggan yang diinginkan. Karena hambatan masuk yang rendah, maka banyak spammers yang muncul dan jumlah pesan yang tidak diminta menjadi sangat tinggi. Akibatnya, banyak pihak yang dirugikan. Selain pengguna Internet itu sendiri, ISP (Penyelenggara Jasa Internet atau Internet Service Provider), dan masyarakat umum juga merasa tidak nyaman. Spam sering mengganggu dan terkadang menipu penerimanya. Berita spam termasuk dalam kegiatan melanggar hukum dan merupakan perbuatan pidana yang bisa ditindak melalui undang-undang Internet.